Membuat Game Sederhana menggunakan Visual Basic vb.net

Kali ini saya akan membeberkan sedikit tentang cara Membuat Game menggunakan visual basic 2008/vb.net, dengan menggunakan visual basic 2008 atau visual basic 2010visual basic 2013 saya rasa lebih mudah dalam mengawali pembuatan game tersebut, dan pada artikel berikutnya akan saya terangkan bagaimana membuat game menggunakan visual basic 6 dan inilah caraMembuat Game menggunakan visual basic 2008/vb.net.


Untuk Membuat Game menggunakan visual basic 2008/vb.net anda harus menyiapkan beberapa gambar kali ini saya membuat game helikopter pembunuh tikus, jadi saya persiapkan 5 gambar yaitu gambar background, helikopter, tikus, api dan dinamit, anda dapat melihat gambar-gambar yang saya gunakan dibawah ini:









Setelah gambar diatas anda download ke komputer atau laptop anda kemudian buatlah satu form lalu ganti background image untuk form dengan gambar begron yang ada diatas setelah itu buatlah  komponen:

  •  4 PictureBox dengan ketentuan:
  1. Picturebox1 masukkan pada  image gambar helikopter, style Mode StretchImage
  2. Picturebox2 masukkan pada  image gambar dinamit, style Mode StretchImage
  3. Picturebox3 masukkan pada image gambar api, style Mode StretchImage
  4. picturebox4 masukkan pada image gambar tikus, style mode StretchImage
  • Button ganti text menjadi Ulangi
  • 3 Timer
  • 2 label label1 ganti text menjadi 0 dan label2 ganti text menjadi Tikus yang terbunuh 
Lihat gambar dibawah:
 Setelah Form yang anda buat seperti gambar diatas, lalu klik 2 kali form yang sudah dibuat, hapus semua kode dan masukkan kode dibawah:

Public Class Form1
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Timer3.Enabled = True
    End Sub



  

    Private Sub Timer2_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer2.Tick

        If PictureBox3.Left = PictureBox4.Left Or PictureBox3.Right = PictureBox4.Right Then
            PictureBox4.Visible = False
            Label1.Text += 1
            Timer2.Enabled = False
        End If
    End Sub

    Private Sub PictureBox1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles PictureBox1.Click
        Timer2.Enabled = True
        Timer1.Enabled = True
        PictureBox3.Visible = False
    End Sub

    Private Sub Timer3_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer3.Tick
        PictureBox4.Left += 10
        If PictureBox4.Left > Me.Right Then
            PictureBox4.Left = Me.Left
            PictureBox4.Visible = True
        End If
        If Label1.Text > 9 Then
            Timer3.Interval = 5
        ElseIf Label1.Text > 19 Then
            Timer3.Interval = 3
        ElseIf Label1.Text > 29 Then
            Timer3.Interval = 2
        ElseIf Label1.Text > 39 Then
            Timer3.Interval = 1
        End If
        If Label1.Text > 49 Then
            MsgBox("Selamat anda dapat membunuh 50 tikus besar")
            Timer2.Enabled = False
            Timer1.Enabled = False
            Button1.Visible = True
            Timer3.Enabled = False
        End If
    End Sub

    Private Sub Form1_MouseMove(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.MouseEventArgs) Handles Me.MouseMove
        PictureBox1.Left = MousePosition.X - 150

    End Sub

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        PictureBox2.Visible = True
        PictureBox2.Top += 10
        If PictureBox2.Top > Me.Bottom - 280 Then
            Timer1.Enabled = False
            PictureBox2.Top = Me.Top
            PictureBox2.Visible = False
            PictureBox3.Visible = True
        End If
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Timer3.Enabled = True
        Label1.Text = "0"
        Button1.Visible = False
    End Sub

End Class









































































maka hasilnya ketika anda RUN aplikasi game ini ketika corsur mouse diarahkan helikopter akan mengikuti arah kursos kekanan dan kekiri dan ketik gambar helikopter diklik maka dinamit akan jatuh, dan ketika dinamit mengenai tanah maka dinamit hilang dan yang keluar adalah api, lalu jika tikus yang berjalan dari kiri kekanan terkena dinamit maka tikus akan menghilang dan yang terlihat hanyalah api namun jika tidak mengenai tikus maka tikus akan berjalan terus.


Semoga Bermanfaat..,




Postingan populer dari blog ini

Arti Kode Error E02,E 03,E04, E05, E06,E07, E08, P02, P08 Pada Printer Canon MP280/MP287

Fungsi MOBILE TRACKER 2.0 Hp. SAMSUNG